SEJARAH SINGKAT MTSN 1 PIDIE JAYA

 Sejarah Singkat MTsN 1 Pidie Jaya.

Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pidie Jaya adalah Jantung hati  Masyarakat Bandar Dua yang didirikan pada tahun 1963 oleh Panitia Pengadaan Sekolah  Menengah Tingkat Pertama  (SMTP) Bandar  Dua di bawah  kendali  pemerintahan Camat Bandar Dua yang pada waktu itu  bemama Muhammad Amin dari Meureudu, maka terbentuklah Panitia pengadaan yang di ketuai oleh Tgk Abdurrahman Gani dan tokoh masyarakat Bandar Dua lainnya. 

Setelah terbentuknya, panitia langsung  membuat  program  kerja dengan membangun delapan ruang belajar yang di susun berbentuk litel "U" menghadap ke Utara, bangunan semi permanen dengan sebagian besar berkontruksi  kayu dan beratap  Genteng, setelah bangunan gedung sekolah siap sekitar 80% panitia bergegas merekrut tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya.

 

MTsN 1 Pidie Jaya pada mulanya diberi nama Sekolah Menengah  Islam (SMI),

 

Berawal dari inisiatif para pengajar bangunan  yang sudah terbentuk  litel "U", dibagi menjadi 2(dua) bagian (sekolah) maka masing masing dari sekolah bebentuk  liter "L", bagian sebelah timur diperuntukkan untuk Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan bagian sebelah barat digunakan untuk MTsN dengan  satu pintu gerbang, pada waktu itu Sekolah Menengah  Islam (SMI) di pimpin oleh Bapak Muhammad Ali Yusuf ,BA,  dengan rincian guru saat itu:

 

1.     Tgk Muhammad  Basyah dari guru MIN Kuta Krueng dengan  membawa  seorang staf bernama Bapak Muhammad  Yusuf Tulot selaku TU.

2.     Tgk  Idham  Affan  dari MIN  Jeulanga  dengan  membawa  stafnya  bemama Bapak Ilyas Yusuf selaku pesuruh sekolah.

3.     Tgk Hanafiah Ibrahim di tarik dari MIN Ulee Gle. Bersama  dengan  Kepala  SMI. (M Ali Yusuf ,BA)

4.     Tgk M. Daud Mahmud   Dari Ulim.

5.     Tgk Muhammad Ahmad dari MIN Meugit.

6.     Tgk Muhammad Ali pindah dari dari MIN Cot Meurak Samalanga.

 

Adapun  murid angkatan pertama yang telah sukses  seperti:

·         Tgk Mukhtar  Arifin,SH  mantan Jaksa Agung  muda RI di Jakarta

·         Muhammad  Husin Hamidi Mantan Kapolda Aceh.

·         Muhammad  Nazar,S.Ag  Mantan Wagub Aceh.

·         Dan lainnya seperti yang mengabdi  di UIN Arraniry  Banda Aceh.

·         Dan Dayah lainnya yang menjadi Tokoh Ulama Muda, Antara lain:

·         Tgk H Muhammad  Abdul Hamid ( Abu di Uteun Bayu)

·         Tgk H Anwar Abu Kuta Krueng.

·         Tgk Mahdi di Jeu]anga.

Kemudian  pada tahun  1964 Sekolah  Menengah  Islam  (SMI) menjadi sekolah kebanggaan masyarakat Bandar Dua, dan pada  tahun  1968 Sekolah  Menengah  Islam (SMI) di negerikan sehingga berubah nama menjadi Sekolah Menengah Islam Negeri (SMIN) yang  di  pimpin   oleh  Bapak Hanafiah Ibrahim sedangkan  Bapak  M Ali  Yusuf  ditugaskan untuk belajar pada  IAIN  Ar Raniry  Banda  Aceh. 

Tidak lama kemudian, hanya  selang 5 (lima) Tahun, yaitu pada tahun  1969  tejadi lagi perubahan nama  dari SMIN berobah menjadi  MTsAIN  (Madrasah  Tsanawiyah  Agama Islam  Negeri) Kemudian pada  tahun 1975  nama  Madrasah Tsanawiyah Agama Islam Negeri (MTsAIN) Menjadi MTsN Bandar Dua, pada saat itu kondisi sekolah sudah sangat maju dan berkembang, bahkan menjadi sebuah kebanggan dari masyarakat kecamatan bandar dua jika anak anaknya dapat menuntut ilmu di MTsN Bandar Dua sehingga mengakibatkan sempitnya lahan yang tersedia bahkan tidak muatnya ruang belajar karena banyaknya siswa dan siswi yang ingin melanjutkan sekolahnya di MTsN bandar Dua.

Sehingga pihak madrasah pada saat itu Bapak Muhammad Ibrahim BA selaku kepala Madrasah mengadakan rapat dengan komite dan masyarakat bandar dua memikirkan tentang situasi dan kondisi sekolah saat itu. Sehingga muncullah ide untuk tukar guling tanah dan bangungan MTsN Bandar Dua yang semulanya bertempat di jalan Banda Aceh Medan Km. 168, tepatnya di pusat kota Ulee Gle Kecamatan Bandar Dua, Kabupaten Pidie saat itu. (di sebelah barat Gedung SLTP N 1 Bandar Dua).

Kemudian pada tahun 2003 sekolah MTsN Bandar dua pertama kalinya menerima peserta didik baru pada tempat dan lokasi yang baru yaitu di Jalan Ulee gle - Jangka Buya, Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya, dan pada tahun 2010 di bawah Pinpinan (kepala sekolah) bernama  bapak Ahmad Yani, S.Pd.I yang saat ini (Februari 2023) menjadi kepala kantor kementerian Agama Kabupaten Pidie Jaya, juga di percayakan oleh menteri Agama Republik Indonesia sebagai Pelaksana tugas Kantor wilayah kementerian Agama Provinsi Aceh, terjadi lagi perubahan Nama madrasah sesuai dengan intruksi dari kementerian agama RI menjadi MTsN 1 Pidie Jaya.

Sehingga saat ini Nama sekolah adalah MTsN 1 Pidie Jaya yang menjadi kepala madrasah adalah Bapak Zainal Abidin, S.Pd, dan lokasinya di Jalan Ulee gle - Jangka Buya, kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh.

 

Lebih baru Lebih lama