Keluarga Besar MTsN 1 Pidie Jaya berbagi Takjil dan Buka Bersama

Pada bulan suci Ramadhan, umat Islam disarankan untuk meningkatkan jumlah ibadah dan menunjukkan kebaikan kepada sesama, yang sering ditemukan adalah banyak sekali orang seperti berlomba-lomba berbagi takjil untuk buka puasa, hal ini juga yang di praktekkan oleh keluarga besar MTsN 1 Pidie Jaya pada hari ini 29 maret 2024.



Kepala Madrasah MTsN 1 Pidie Jaya, Zainal Abidin, S.Pd.I, M.Pd berpesan : Takjil merupakan cemilan untuk berbuka puasa, tidak hanya menjadi lambang penyegaran bagi tubuh, melainkan juga memiliki makna yang mendalam dalam ajaran Islam. Tidak ada alasan dalam berbagi takjil selain ingin mendapatkan rahmat dan pahala dari Allah SWT. Berbagi takjil adalah amalan yang memiliki keutamaan tinggi dan bentuk kepedulian sosial yang Islam ajarkan sambung beliau, karena Rasulullah Muhammad SAW pun mengajarkan umatnya untuk selalu memperhatikan dan membantu mereka yang kurang beruntung.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Hadid ayat 18:

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia."


Pembagian takjil memiliki berbagai macam cara, seperti diserahkan ke masjid, mushala, atau tempat lain yang menyelenggarakan buka bersama. Ada juga yang membagikannya langsung di pinggir jalan sebagaimana yang dilaksanakan oleh keluarga besar MTsN 1 Pidie Jaya pada hari ini, walaupun di tengah cuaca yang mulanya diawali gerimis saat membagikan takjil walau akhirnya hujan deras namun pelaksanaan sukses dan membahagiakan kami selaku keluarga besar MTsN 1 Pidie Jaya, hal itu terlihat dari kekompakan dan gelak tawa bahagia saat buka puasa bersama di madrasah tercinta, semoga apa yang kami lakukan mendapatkan ridha dan ganjaran di sisi Allah kelak.





Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu berbagi kebaikan seperti yang diajarkan dalam Islam, terutama dengan membagikan kebahagiaan kita bersama orang lain yang kadang lebih membutuhkan, karena kebaikan akan dibalas dengan kebaikan, papar kepala Madrasah MTsN 1 Pidie Jaya.



Terakhir kepala Madrasahpun memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih nya atas kerjasama yang baik melalui pesan WhatApps

"Assalamu'alaikum Wr Wb

Alhamdulillah,telah selesai serangkaian kegiatan Ramadhan MTsN 1 Pidie Jaya,mulai pembagian takjil,buka puasa bersama,semoga Allah merahmati kita semua,ucapan terimakasih kami pimpinan kepada kita semua,semoga kesuksesan acara kita adalah kesuksesan bersama,jaga kekompakan dalam segala hal demi kemajuan MTsN 1 Pidie Jaya,sekali lagi ucapan terimakasih kepada bapak/ibu yang begitu lelah dalam mempersiapkan semuanya,semoga Allah membalas keikhlasan yang sudah bapak/ibu warga MTsN 1 Pidie Jaya lakukan,Aamiin Ya Rabbal'alamin!,"


 

Lebih baru Lebih lama